Rabu, 09 Maret 2011

Kelas 8 ND : TEKANAN


1. Kasus Nicho dan Natasha. Nicho yang beratnya 600 N tidur di atas meja berpaku. Luas tubuh Nicho yang terkena paku 2 m2. Berapa tekanan yang dialami tubuh Nicho ? Natasha  menekan paku dengan jarinya dengan gaya 0,5 N. luas daerah yang terkena paku 0,1 m2. Hitung berapa tekanan paku pada jari Natasha ?mengapa Nicho yang tidur di ranjang paku tidak berasa sakit sedangkan Natasha berasa sakit ?

2.  Johape bertanya, Mengapa pada dongkrak hidrolik, jika pada tabung kecil diberi gaya 10 N dan luas penampangnya 10 cm2, dapat mengangkat beban pada tabung yang besar yang luasnya 5 m2 ? dan berapa massa beban yang dapat diangkat pada tabung yang besar ?

3. Brandon, punya masalah tentang pompa hidrolik. Brandon mengukur diameter pada tabung kecil dan ternyata ukurannya 5 cm, sedangkan diameter pada tabung besar  30 cm. Jika Brandon meletakkan mobil BMX yang bermassa  1 ton pada tabung besar, berapakah gaya yang harus diberikan Brandon pada tabung kecil ? g = 10 m/s2.
4. Kerogamers punya hobi menyelam di sungai Puri Indah untuk mengejar ikan sapu-sapu. Jika massa jenis air sungai Puri indah 1,2 gr/cm3, percepatan gravitasi g = 10 m/s2, serta kero menyelam sampai kedalaman 2 m, berapakah tekanan hidrotatis yang dialami kero ? jika luas tubuh kero 2 m2, berapakah besar gaya tekan pada tubuh kero pada kedalaman 2 m?

5. Krispapua sudah kesal sama dirinya karena kecanduan game akibatnya semua nilai ulangannya buruk. Lalu krispapua menceburkan CPU komputernya yang berbentuk balok berukuran 50 cm x 40 cm 15 cm ke bak mandi sehingga tenggelam semua. Massa jenis CPU = 7800 kg/m3 dan  massa jenis air = 1000 kg/m3. g = 10 m/s2. Berapakah volume CPU?  Berapakah Volume air yang didesak CPU ? Berapakah gaya ke atas yang dialami CPU ? berapakah berat CPU ? berapakah berat CPU di dalam air ?
6. Stefanus sudah mendengar bahwa gunung  es di kutub utara sebesar Puri Indah terlepas dari kutub utara. Jika massa jenis es = 0,9 gr/cm3 dan massa jenis air laut = 1100 kg/m3. Berapakah persen gunung  es yang muncul di permukaan laut ?

7. Amedeo meyakinkan teman-temannya untuk ulangan fisika tekanan besok, yang pasti keluar adalah bunyi hukum Archimedes dan  alat-alat yang bekerja berdasarkan hukum Archimedes. Dan juga syarat-syarat terjadinya tenggelam, melayang dan terapung. Coba bantu Amedeo, untuk mendapatkan jawabannya. 

8. Tata juga memprediksikan soal ulangan fisika. Ini soalnya dan mohon cara menjawabnya dihafalkan sampai 120 tahun seperti umur Musa. Sebuah balok beratnya di udara 60 N dan di dalam air 40 N tercelup 
seluruhnya. Hitung : gaya apung oleh zat cair ? dan berat balok di dalam air bila tercelup setengahnya ?

9. Bung Oyang punya Villa sederhana di daerah pegunungan salak yang dingin (nanti liburan : nginap ya). Jika Villa itu terletak pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Menurut  fisika : setiap naik 100 m, tekanan udara turun  1 cm Hg. Tekanan udara pada permukaan laut ancol 76 cmHg. Hitung tekanan udara di villa tersebut yang sejuk (paling enak sambil nikmati nasi hangat,  sayur asam dan ikan asin juga sambal ) ?

10. Bung Billy bertanya neh : apakah yang dimaksud dengan 1 atm = 76 cmHg ? ( g= 9,8 m/s2, massa jenis air raksa = 13600 kg/m3 ). Dan mengapa barometer diisi  air raksa ?

11. (soal tantangan neh diminta oleh Gerry) sebuah pipa U diisi air raksa ( massa jenis air raksa= 13600 kg/m3 ). Kemudian diisi air ( massa jenis = 1000 kg/m3 ). Jika air mengisi pipa kiri sepanjang 68 cm, berapakah selisih ketinggian air dan air raksa dalam kedua pipa ?

12. suatu balon udara massa 18 kg. balon ini diisi gas helium sehingga memiliki gaya apung 1250 N. jika massa Billy 48 kg, Manohara 55 kg, dan Gerry 60 kg. bolehkah Billy, Manohara dan Gerry naik balon udara ?

Tidak ada komentar: