Sabtu, 30 Mei 2009

Geometri Kelas 8 : Dimensi Tiga - Kubus -Balok -Prisma- Limas

Syalom Nilai 100.

1. Jika rasio volume dua kubus adalah 8 : 27. Berapakah rasio luas permukaannya ?

2. Sebuah balok, panjangnya 1,5 kali lebarnya dan 4,5 kali tingginya. jika jumlah semua rusuknya 408 cm. Hitunglah volume dan luas permukaannya ? ans : V = 23328 cm3

3. Semut Barcelona berada di A dari sebuah kubus pejal dan ingin mencapai B dengan jalur terpendek. Jika panjang rusuk kubus adalah 20 cm. Hitunglah panjang jalur terpendek. ans jarak terpendek 20 \/5 cm


4. Diberikan prisma segitiga ABC.DEF, dengan luas bidang alas = 84 cm2, luas sisi-sisi tegaknya adalah 52 cm2, 56 cm2, dan 60 cm2. Carilah volume prisma tersebut dan berapakah panjang seluruh rusuk prisma ?

5. Sebuah bak berbentuk balok yang terisi penuh dengan air. bak tersebut akan dikosongkan dengan menggunakan pompa yang mampu menyedot air 0,7 liter per detik. dalam waktu 30 menit bak dapat dikosongkan tanpa sisa. Jika luas alas bak = 10500 cm2. maka berapakah tinggi bak tersebut ?

6. Luas sisi-sisi balok yang berbeda masing-masing adalah 432 cm2, 216 cm2, dan 288 cm2. hitung volume dan panjang seluruh rusuk balok itu ?

7. Ada dua kubus besar dan kecil. Selisih panjang rusuknya 3 dm, dan jumlah volumenya adalah 2457 liter. Berapakah panjang rusuk kedua kubus itu ?

8. Sebuah kubus hampa mempunyai panjang sisi 8 cm, setengahnya terisi air. Sebuah kubus pejal dengan panjang sisi 4 cm dan ditempatkan di dalam kubus hampa itu. berapakah kenaikkan tinggi air dalam kubus itu ?

9. Sebuah bak berbentuk kubus penuh air mempunyai luas bidang diagonal 9 \/2 cm2, kemudian dimasukkan kayu berbentuk kubus juga dengan volume 9 cm3, sehingga air tumpah dan seluruh kayu tenggelam, Hitung volume air yang tumpah ? ans : v tumpah = 9 cm3.

Rabu, 27 Mei 2009

Aljabar Kelas 7: Persamaan Kuadrat

Tipe soal aljabar kelas 7 untuk Persamaan Kuadrat.

1. Master Fidel minta pertolongan karena punya soal persamaan kuadrat. Selisih dua bilangan adalah 2, dan jumlah kudratnya adalah 244. Tentukan kedua bilangan.

2. Master Ryan "Kocakboy" mau tanya dan bagaimana cara menyelesaikan untuk soal berikut : Jumlah dua bilangan positif adalah 32. jika jumlah dari kebalikan setiap bilangan tersebut adalah 2/15 (baca : dua per limabelas), Berapakah selisih dua bilangan tersebut ?

3. Master David " si ganteng yang doyan makan " tidak mau kalah dengan master Ryan, juga memberikan pertanyaan dan minta cara menyelesaikannya. Hasil kali dua bilangan genap yang berurutan adalah 238. tentukan kedua bilangan tersebut.

4. Master Joses mau tanya, Panjang dan lebar sebuah kamar yang berbentuk persegi panjang berselisih 8 m, jika Luas kamar itu 240 m2 (baca : meter persegi). Tentukan keliling kamar tersebut !

5. Master Adrian " Si cool boy " punya masalah dengan soal berikut ini : Sisi miring sebuah segitiga siku-siku adalah 30 cm. kedua sisi siku-sikunya berselisih 6 cm. Hitunglah keliling segitiga siku-siku tersebut!

6. Nonik Jennifer bertanya neh. Suatu Persegi panjang mempunyai keliling 42 m dan luas 80 m2. tentukan panjang dan lebar persegi panjang itu ?

7. Nonik Dheandra juga tanya. Sebuah mobil dapat menempuh jarak x km dalam waktu 1 jam. Jika mobil tersebut dapat menempuh jarak 21 km dalam waktu ( x + 12) menit. berapakah nilai x ?

8. Nonik Michelle memiliki pertanyaan. Sebuah segitiga siku-siku memiliki panjang sisi berturut-turut adalah a cm, ( a + 1) cm, ( a + 2) cm, dan luasnya 6 cm2. Berapakah panjang sisi miringnya ?

9. Nonik Bella dari Nd, sedikit mau ngetest. Panjang sebuah persegi panjang adalah 3 cm lebih besar daripada lebarnya. jika luas persegi panjang itu = 70 cm2. berapakah keliling persegi panjang tersebut ?

10. Master Wilson punya pertanyaan in english. Find two consecutive positive even numbers such that the sum of their squares is 244.

11. Master William sedikit iseng mau tau. Tolong beritahu ya. The difference between the squares of two positive consecutive odd numbers is 48. Taking x as the smaller number, form an equation in x, and hence, find the numbers.

11.

Yeremia 33 : 3






Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.





Nilai Ulangan Umum matematika kelas 11 ipa dan 11 Ips SMA PELITA 2

Goodbye, pelita mania....
Hasil-hasil ulangan umum matematika 19 dan 20 mei 2009, hasilnya keren. bagi yang TL sebaiknya belajar lagi untuk remidial. Remidial akan diadakan 1200x sampai lulus, maaf ini dilakukan untuk cinta dan kasih, karena perjuangan tanpa cinta dan kasih hanya merupakan kesia-siaan. Berjuanglah dengan cinta dan kasih sampai LULUS 60.

kelas 11 Ipa
Albert 30 TL, Calvina 70L, Daniel Mp 55 , Danny 70 , Elyta 65LL, Febrian 70 , Fifi 70 , Grace 60, Kevin55 , Mellysa 80, Noni 80 , Teddy 55.

Ajie 75 , Calvin 65, Charlie 75, Daniel Nur S 70, Deddy 75 , Enriko 60 L, Fieny 70, Fredianto 60, Hendri 55, Melisa halim 55, Mia 75, Sanjaya 60 , Wenny 70, Williem Leonardi 70, Wira 80 .

Kelas 11 Ips
1. Alvina 80 L, 16. Catrine 45, 17. Daniel k 60, 18. Dewinta 40, 19. Edward 30,
20. Gland Thomas 40, 21. Henry 35, 22. lita 40,
2. Chintiana 55
3. Dessy A 65 L,
4. Dirga E.L 60 L, 23. Marco P 45
5. Ferberiyan 40 TL, 24.
Noviana Magdalena 65.
6. Grease M 75 L, 25. Robby 45
7. Hutumo 60 L, 26. Suryanto 65
8. Lius 65 L, 27. vanessa 60
9. Michael A 67 28. Veronica halim 70
10. Oktaviani 60 L, 29. William 60
11. rendy 60 L, 0. Yansen 65 L,
12. Steven 60 L, 31. peter 40
13. Susanti 60 L,
14. Vera 60 L,
15. vivi 80 L


Bagi yang tidak lulus, belajarlah dengan yang lulus supaya lulus. terima kasih.

Tangerang itu indah,
Visit Tangerang 2008 2009 2010....

Sabtu, 23 Mei 2009

Contoh soal fisika Alat optik kelas 8

syalom Nilai 100, STOP Kecanduan Games, STOP Kecanduan Chatting ;
A Y O kecanduan BELAJAR.

1. Messi menderita miopi dan tidak dapat melihat bola dengan jelas pada jarak 50 cm di depan matanya. Tentukan jarak fokus dan kekuatan kacamata yang diperlukan !

jwb : S = ~ dan S' = -50 cm
1/s + 1/s' = 1/f,
1/~ + 1/-50 = 1/f, maka f = - 50 cm, P = 100/-50 = -2 Dioptri

2. Christiano Ronaldo ketika berumur 55 tahun menderita hipermetropi, tidak dapat membaca koran yang berada lebih dekat dari 50 cm di depan matanya. Berapa dioptri kekuatan kacamata christiano ronaldo ?

jwb ; S' = -50 cm, S = 25 cm, f ? dan P?
1/25 + 1/-50 = 1/f, f = 50 cm, P = 100/50 = 2 Dioptri

3. Guardiola mengamati benda dengan menggunakan lup yang berkekuatan 40 dioptri. Tentukan perbesaran lup, bila : a. mata tak berakomodasi (mata santai) b. mata berakomodasi (mata melotot).

jwb. P = 40 D, f = 100/f = 100/40 = 2,5 cm. Sn = 25 cm (jarak baca normal )
a. M = Sn/f = 25/2,5 = 10 x
b. M = Sn/f + 1 = 25/2,5 + 1 = 11

4. Alex Ferguson memiliki mikroskop, yang memiliki lensa obyektif dan lensa okuler yang masing-masing memiliki titik api (fokus) masing-masing 0,90 cm dan 5 cm. Jarak antara lensa obyektif dan lensa okuler 13 cm. Sebuah preparat yang panjangnya 0,05 cm dan diletakkan 1 cm dari lensa obyektif. Tentukan letak dan besar bayangannya !

ans : mikroskop f oby < f ok, f oby = 0,9 cm dan f ok = 5 cm, d = 13 cm, h oby = 0,05cm, dan S oby = 1 cm, DITANYA : S' ok? h' ok ? lensa obyektif : 1/s + 1/s' = 1/f, 1/1 + 1/s' = 1/0,9. maka s' oby = 9 cm karena d = s' oby + s ok 13 = 9 cm + s ok, maka s ok = 13 -9 = 4 cm lensa okuler : 1/s + 1/s' = 1/f, 1/4 + 1/s' = 1/5, jd s' ok = - 20 cm. M = [ s'/s] oby x [ s'/s] ok = [9/1] x [-20/4] = 45 x maka h' = 0,05 x 45 = 2,25 cm. jd bayangan akhir mikroskop s' = - 20 cm dan h' = 2,25 cm

5. Sebuah mikroskop mempunyai obyektif yang berjarak titik api 10 mm dan okuler
yang berjarak titik api 25 mm. Berapakah jarak antara kedua lensa itu dan
berapakah perbesarannya apabila bendanya berada
pada jarak 10,5 mm dari obyektif dan mata berakomodasi maksimum ?

ans : f oby = 10 mm, f ok = 25 mm. S oby = 10,5 mm, mata berakomodasi maksimum
Ditanya : d ? M ?
lensa obyektif : 1/10,5 + 1/s' = 1/10, maka s' oby = 210 mm.
Lensa okuler : s' ok = -25 cm = -250 mm, 1/s +1/-250 = 1/25, s ok = 250/11 mm
M (mata berakomodasi ) = [s'/s]oby x [s'/s] ok = 210/10 x (250/(250/11) = 21 x 11 =231 kali
atau M = [s'/s] oby x [ sn/f + 1] = 210/10 x ( 250/25 + 1) =21 x 11 = 231 kali
d = s' oby + s ok = 210 mm + 250/11 = 232 + 22,73 =254,73 mm

6. Obyektif dan okuler sebuah mikroskop masing-masing mempunyai jarak titik api 2
cm dan 5cm. Jika sebuah benda diletakkan pada jarak 2,5 cm dari obyektif, berapakah
jarak antara obektif dan okuler untuk mata yang tidak berakomodasi dan
berapakah perbesarannya ?

dik : f oby = 2 cm, s oby = 2,5 cm dan f ok = 5 cm, mata tak berakomodasi.
Dit: M ? d ?

ans : d = s' oby + f ok
lensa obyektif : 1/2,5 + 1/s' = 1/2 maka s' oby = 10 cm
maka d = s' oby + f ok = 10 cm + 5 cm = 15 cm.

M (minimum = mata tak berakomodasi) = [s'/s] oby x [sn/f] = [10/2,5][25/5] = 4 x 5 = 20 kali




Prediksi Soal Fisika Ulangan Umum kelas 8 semester Genap

Syalom Nilai 100,
Serie A : Alat optik
1. Mata dapat melihat benda dengan jelas apabila terbetuk bayangan a. Maya tegak di lensa mata retina b. maya terbalik di retina c. maya tegak diretina d. sejati terbalik di e. nyata tegak diretina

2. Seorang dengan cacat mata miopi tak mampu melihat dengan jelas benda yang terletak lebih 50 cm dari matanya. Kaca mata yang dibutuhkan untuk melihat benda jauh harus mempunyai kekuatan sebesar a. +5 dioptri b. -2 diopti c. +3 dioptri d. -4 dioptri e. +2 dioptri

3. Seorang penderita presbiopi dengan titik dekat 40 cm ingin jarak normal 25 cm. Kaca mata yang dipakai harus mempunyai a. 15, 0 dioptri d. 0,65 dioptri b. 1,50 dioptri e. 6,50 dioptri c. 0,65 dioptri

4. Objektif sebuah mikroskop berupa lensa cembung dengan jarak fokus ;. Benda yang diteliti dengan mikroskop ini harus diletakkan dibawah objektif pada jarak... a. lebih kecil dari f b. sama dengan 2 f c. sama dengan f d. lebih besar 2 f e. antara ; dan 2 f

5. Sebuah mikroskop mempunyai objektif yang berjarak titik api 2 cm. Sebuah objek diletakkan 2,2 cm di bawah objektif. Jika perbesaran okuler 10 kali maka perbesaran mikroskop ini adalah a. 100 kali b. 220 kali c. 110 kali d. 300 kali e. 200 kali

6. Sebuah mikroskop mempunyai panjang tabung 21,4 cm, fokus objektif 4 mm, fokus okuler 5 cm. Untuk mendapatkan bayangan yang jelas dengan mata tanpa akomodasi, terhadap objektif benda herus berada pada jarak... a. 4,0 mm b. 4,4 mm c. 4,1 mm d. 4,6 mm e. 4,2 mm

7. Sebuah mikroskop jarak fokus okulernya 2,5 cm, dan jarak fokus objektifnya 0,9 cm, digunakan oleh orang berrmata normal (s,=25 cm) tanpa berakomodasi ternyata perbesarannya 90 kali. Bararti jarak objek terhadap lensa objektif adalah... a. 1,0 cm b. 2,0 cm c. 1,2 cm d. 2,5 cm e. 1,5 cm

8. Orang yang mempunyai PP dan PR 40 cm dan tak hingga jika melihat jauh harus menggunakan kacamata a. +1 D b. +2 D c. +1,5 D d. -2 D e. -1,5 D


9. Sebuah mikroskop mempunyai panjang tabung 21,4 cm, fokus obyektif 4 mm, danfokus okuler 5 cm. Untuk mendapatkanbayangan yang jelas tanpa akomodasiterhadap obyektif benda, maka benda harusberada pada jarak ... mm. a. 4,6 b. 4,1 c. 4,4 d. 4,0 e. 4,2

10. Sifat bayangan yang dibentuk oleh lensa obyektif suatu rnikroskop adalah .... a. nyata, terbalik, dan diperbesar b. nyata, tegak, dan diperbesar c. nyata, terbalik, dan diperkecil d. maya, tegak, dan diperbesar e. maya, tegak, dan diperkecil

11. Perbesaran sudut teleskop jika fokus okuler25 cm dan fokus objektif 75 cm adalah .... a. 100 b. 7 . c. 5 0 d. 3 e. 25

12. Sebuah lup mempunyai jarak fokus 5 cm digunakan untuk melihat sebuah benda kecil yang berjarak 5 cm dari lup. Perbesaran anguler lup tersebut adalah .... a. 3 b. 5 1/6 c. 4 d. 6 1/4 e. 5

13. Seseorang yang bermata normal ingin melihat benda di langit. Lensa obyektif dnn okulernya berkekuatan 0,5 dioptri dan 4 dioptri. Perbesaran anguler pada saat mata berakomodasi maksimum adalah ... kali. a. 2 b. 10 c. 6 d. 16 e. 8

14. Seseorang hanya mampu melihat benda terjauh dengan jelas pada jarak 2 meter di depan matanya. Agar dapat melihat dengan normal, ia harus menggunakan kaca rnata dcngan ukuran ... dioptri. a. + 0,5 b. - 1 c. - 0,5 d. + 2 e. + 1

15. Perbesaran sudut sebuah lup 15 dioptri untuk mata normal dengan titik dekat 25 cm. Pada saat mata tak berakomodasi adalah ... kali. a. 3,75 b. 5,50 c. 4,25 d. 5,75 e. 4,75


16. Sebuah mikroskop mempunyai fokus objektif 18 mm dan fokus okuler 6 crn. Seseorang dengan titik dekat 30 cm dapat melihat bayangan sebuahh objek yang ditempatkan pada jarak 2 cm di bawah lensa obyektif dengan mata tanpa akomodasi. Perbesaran mikroskop tcrsebut adalah ... kali. a. 15 b. 60 . c. 30 d. 75 e. 45

17. Sebuah teropong bumi menipunyai lensa objektif, lensa objektif pembalik, dan okuler berjarak fokus masing-masing 40 cm, 4 cm, dan 5 cm. Jika titik dekat mata 25 cm, maka panjang teropong tersebut adalah ... cm.
a. 39 b. 56 c. 40 d. 61 e. 45

Prediksi Barisan dan Deret Untuk Ulangan umum Kelas 8

syalom nilai 100,
PREDIKSI BARISAN DAN DERET ULANGAN UMUM

1. Banyaknya suku pada barisan 12, 20, 28, 36,..., 652, adalah ...

2. Jika suku ke empat suatu barisan aritmetika sama dengan 20 dan suku ke-10 sama dengan 68. Tentukan a. suku ke-15 dan b. suku ke berapakah yang nilainya sama dengan 116 !

3. Deret aritmetika 1 + 3 + 5 + 7 + ... ,jika jumlah suku ke-n adalah 225. Tentukan banyak suku dan rumus suku ke-n !

4. Jumlah 4 suku pertama suatu deret aritmetika adalah 16 dan jumlah suku 1o suku pertamanya adalah 280. tentukan suku pertama dari deret tersebut !

5. jika suku ke-3 suatu barisan geometri sama dengan 12 dan suku ke -7 adalah 192, tentukan rasio barisan tersebut dan juga suku ke-16 !

6. Hitunglah jumlah 6 suku pertama dari deret : 2 + 4 + 8 +...

7. Barisan geometri 2, 6, 18, 54, ...
Tentukan : a. suku pertamanya, b. rasionya, c. U7 dan U 10

8. U4 = 54 dan U6 = 486 adalah suatu barisan geometri, Hitung U10 !

9. Jumlah n suku pertama pada suatu deret geometri adalah 24570, suku pertama a= 6 dan r = 2, tentukan : n.

10. Hitunglah jumlah bilangan ganjil antara 10 dan 200 !

11. Evaluate : 2 + 6 + 10 + 14 + ... + 46

12. If : 3 - 6 + 12 + ... + x = - 63, Then x is equal to ...

13. Find the number of term in the sequence 27, -9, 3, -1, ..., 1/27

14. The U2 = - 30, and the S2 = - 15, Find the first term and common ratio.

15. Find the sum of 20 terms of the series - 2+1+4+7+10 + ...



Di-Calistung aja....

Rabu, 20 Mei 2009

Prediksi Soal ulangan Umum Sekolah Fisika 7

Syalom Nilai 100.
soal 1
1. Berapa massa air yang dapat diuapkan bila 564 Kilo joule diberikan untuk memanaskan air tersebut pada titik didihnya ? kalor uap air 2.256.000 joule/kg.

ans : Massa = Q : U = 564000 : 2256000 = 0.25 kg

2. Pada saat 20 gram es bersuhu - 10 derajat celcius diberikan kalor sehingga suhu es naik dan mencair. Jika kalor jenis es 0,5 kal/gram derajat celcius dan kalor lebur es 80 kal/gram. Berapa kalor yang dibutuhkan ?

ans : Q 1 = 20 gram x 0,5 kal/gram c x ( 0 - (-10)) c = 100 kal
Q2 = 20 gram x 80 kal/gram = 1600 kal
Q total = Q 1 + Q 2 = 100 kal + 1600 kal = 1700 kal

3. Diketahui : kalor jenis es = 2100 j/kg c, kalor lebur es 336 kj/kg, dan kalor jenis air 4200 j/kg c. Berapa banyak kalor yang harus diberikan pada 0,5 kg es agar suhunya naik dari - 10 derajat celcius sampai 40 derajat celcius ?

ans : Q1 = 0,5 x 2100 x ( 0 - (-10)) = 10500 j
Q2 = 0,5 x 336.000 = 168.000 j
Q 3 = 0,5 x 4100 x (40 - 0) = 82.000 j
Q total = 10500 + 168000 + 82000 = 260,5 kilo joule


4. Sebutkan 3 proses perpindahan kalor ? Jelas !

ans : 1. Konduksi, proses perpindahan kalor yang disebabkan oleh perbedaan suhu dan membutuhkan medium (perantara). Terjadi pada benda padat.
2. Konveksi, proses perpindahan panas disebabkan oleh perbedaan massa jenis (pergerakan partikel ) dan embutuhkan medium perantara. terjadi pada benda gas dan benda cair.
3. Radiasi, perpindahan kalor tanpa partikel perantara. Contoh sinar matahari langsung memanasi bumi. Benda yang bagus menyerap radiasi dan juga bagus menyerap radiasi adalah benda-benda hitam.

soal 2

1. sebuah benda 5kg diberi kalor sehingga suhunya naik 20 derajat celsius,kalor jenis benda 4000J/kg derajat celsius,brp kalor yg harus diberikan?

ans : Q = 5 kg x 4000 j/kg c x 20 C= 400.000 joule
b. kapasitas kalor seuatu benda 340J/derajat celsius,bila diberi kalor 2000joule berapakah kenaikan suhunya?

ans : kenaikan suhu = Q : H = 2000 joule : 340 j/c = 5,88 derajat celcius

2. air 200g dengan 20derajat celsius diberi kalor sehingga suhunya menjadi 100derajat celsius. Berapakah banyaknya kalor yang harus diberikan dalam satuan kalori?

ans : Q = 200 gram x 1 kal/gram c x (100-20) = 16000 kalori = 16 kkal

3. air 80 derajat celsius diturunkan manjadi 30 derajat celsius. Hitunglah banyaknya massa air bila kalor yg dilepaskan 2000kalori!

ans : m = Q : ( delta t x c) = 2000 kalori : ( (80 - 30) x 1 kal/gram c ) = 40 gram

4. perak 0,1kg yang kalor jenisnya 0,06 kkal/kg0 C dan suhunya 100 derajar C, dimasukkan ke dalam air 20 derajat C. Massa air 200g. Hitunglah suhu akhir ke dua benda itu!

ans : Q lepas = Q terima

( 0,1 kg x 0,06 kkal/kg c x (100 - t)) = 0,200 kg x 1 kkal/kg c x ( t - 20)
0,006 (100 - t) = 0,2 ( t - 20)
0,6 - 0,006t = 0,2t - 4
0,6 + 4 = 0,2 t + 0,006t
4,6 = 0,206t
jadi t = 4,6 : 0,206 = 22,33 derajat celcius

soal 3
1. Mobil-mobilan lab dari keadaan diam bergerak dengan percepatan tetap 4 m/s2, maka tentukanlah : a. kecepatan benda setelah bergerak 5 sekon, b. jarak yang ditempuh benda setelah bergerak 5 detik !!!
(ans : 20 m/s; 50 m)

2. Kecepatan kereta api sawunggalih berkurang secara beraturan dari 20 m/s menjadi 10 m/s sepanjang jarak 150 meter. a. Hitung perlambatan kereta api sawunggalih b. berapa jauh kereta api bergerak dari kecepatan 10 m/s sampai berhenti ? (ans : 1 m/s2, 50 meter)

3. Dua anak Puri Indah, yaitu Ricky dan Bella bergerak dari tempat yang sama dalam waktu yang sama mengendarai kendaraan yang berbeda. Ricky bergerak dengan GLB dengan kecepatan tetap 36 km/jam, sedangkan Bella bergerak dengan GLBB, dari mulai keadaan diam bergerak dengan percepatan tetap 2 m/s2. kapan dan dimana Bella bertemu Ricky ? ( ans : t = 10 detik, S = 100 meter)

4. kendaraan Enrico, mula-mula bergerak dengan kecepatan 3 m/s dan menempuh jarak 104 meter dan kecepatannya menjadi 23 m/s. Berapakah percepatan kendaraan Enrico ? (jawab sendiri)

5. Mobil Joses berjalan mula-mula dengan kecepatan 10 m/s, kemudian dipercepat dengan percepatan tetap 4 m/s2. tentukan berapa : a. kecepatan mobil Joses setelah bergerak 15 sekon b. jarak yang ditempuh mobil setelah 20 detik ?

6. Mister Wilson lagi kebingungan dengan definisi sebagai berikut : a. apakah yang dimaksud dengan Percepatan ? b. apakah yang dimaksud dengan perlambatan ? Tolong bantu mister wilson ya. Tq.

7. Kecepatan Motor CBR bang William berkurang dari 25 m/s menjadi 10 m/s sepanjang jarak 500 meter. Berapa jauh lagi motor CBR itu bergerak sampai berhenti sejak kecepatannya 10 m/s? dan berapa waktu tempuhnya ?

8. Mobil Jessica berjalan dengan percepatan tetap 2 m/s, setelah menempuh jarak 150 meter ternyata kecepatannya 25 m/s. Berapakah kecepatan awal jessica ?

9. Mas Dudung bingung, apakah yang dimaksud dengan Gerak Lurus Berubah beraturan ? dan juga minta contoh-contohnya.

10. Bung Adrian minta tolong, coba donk tuliskan semua rumus untuk GLBB dan GERAK VERTIKAL. Terimakasih ya...

soal 4

1. Apakah dimaksud dengan :

a.perpindahan
b.Jarak
c.kelajuan
d.kecepatan
e.Gerak
f. Gerak lurus Beraturan

2. Joses memacu sepedanya sejauh 30 km ke timur selama 30 menit, kemudian berbelok ke selatan dan memacu sepedanya sejauh 50 km selama 20 menit. tentukan kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata sepeda Joses ?

3. Wilson berlari 6 km ke utara, kemudian 8 km ke timur. catatan waktu wilson adalah 2jam. Tentukan berapa jarak ? berapa perpindahanya? berapa kelajuan rata-ratanya dan berapa kecepatan rata-ratanya ?

4. mobil David bergerak melaju 90 km/jam berada 100 m di belakang truk ryan yang sedang melaju 60 km/jam. kapan dan dimana mobil david dapat menyusul truk Ryan ?

5. Dua mobil bergerak pada lintasan lurus dengan ARAH SALING BERLAWANAN. Mobil Adrian bergerak dari P dengan kelajuan 40 km/jam dan Mobil albert bergerak dari Q dengan kelajuan 60 km/jam bergerak 7 menit kemudian. Jika jarak PQ = 15 km, kapan daN Dimana mereka bertemu ?

soal 5.

1. Sebuah bom dilepaskan oleh Ryan "do the wave" dari atas jurang. Bom itu mengenai dasar jurang setelah 4 detik. Berapakah kedalaman jurang tersebut ? Berapa kecepatan sesaat menyentuh dasar jurang ?

(gunakan : s = 1/2 gt2) dan Vt = g.t) ans : h = 80 m, Vt = 40 m/s

2. Dari puncak menara gedung GTO, David "bukan limbad" menjatuhkan bola basket. Bola itu mengenai tanah dengan kecepatan 80 m/s. Berapakah tinggi menara GTO ?
ans : h = 320 m

3. Bola dilemparkan vertikal ke atas oleh Wilson "Doel sandy" dari tanah dan berada di udara selama 6 detik. g = 10 m/s2. Berapakah ketinggian maksimum yang dicapai bola ? Berapakah kelajuan awal bola ? ans : Vo = 30 m/s, h = 45 m

4. William "bukan si master' melemparkan botol Akua vertikal ke atas dengan kecepatan 40 m/s. Berapakah ketinggian botol tersebut setelah 6 detik dan berapakah kecepatannya ? ans ; h = 60 m, Vt = - 20 m/s (sudah ke bawah)

5. Mas ter Fidel menerjunkan diri dari papan kolam renang setinggi 80 meter di atas permukaan air dengan kecepatan awal 10 m/s. Berapakah kecepatan mas ter fidel saat menyentuh permukaan air? ans : Vt = 40 m/s

selamat menikmati dengan CALISTUNG (baca : baca, Tulis, dan Hitung)

STOP KECANDUAN GAMES ONLINE and OFFLINE!

Ayo KECANDUAN BELAJAR!

God Bless You.

Jawaban :
soal 4:
1.
a.perpindahan = perubahan kedudukan suatu benda. Perpindahan termasuk besaran vektor
b.Jarak = panjang lintasan sesungguhnya yang ditempuh benda. Jarak termasuk besaran skalar
c.kelajuan = hasil bagi jarak dengan waktu tempuh (SKALAR)
d.kecepatan = hasil bagi perpindahan dengan waktu tempuh (VEKTOR)
e.Gerak = BILA kedudukan suatu benda berubah terhadap suatu titik acuan
f. Gerak lurus Beraturan =suatu gerak pada linatasan lurus pada kecepatan tetap.

soal 5 :
1. t = 4 s, g = 10 m/s2, h = 1/2 gt2 = 1/2 10 16 = 80 m, Vt = g.t = 10.4 = 40 m/s

2. Vt = 80 m/s, t = Vt / g = 80/10 = 8 detik, h = 1/2 g.t2 = 1/2. 10. 64 = 320 m

3. t = 6 detik maka t ke puncak = 6/2 = 3s, Vt = Vo - g.t
0 = Vo - 10. 3 maka Vo = 30 m/s
H = Vo.t - 1/2 g.t2 = 30.3 - 1/2.10. 9 = 45 meter

4. Vo = 40 m/s, h = Vo.t - 1/2 g.t2 = 240 - 180 = 60 meter,
vt = Vo - g.t = 40 - 60 = - 20 m/s (ke arah bawah)

5. h = 1/2. 10. t2 = 80, maka t = 4 detik (coba buktikan.), vt = g.t = 10.4 = 40 m/s.

Kamis, 14 Mei 2009

Nilai Prediksi Matematika 12 IPA

Demikianlah prediksi saya untuk Ujian nasional matematika tingkat SMA. Walaupun tidak ada yang dapat nilai 100, tapi cukup dahsyat juga. (baca : Salam dahsyat buat rekan saya, mr. hermanto). SMA Pelita 2...
Ricky 40, Jeffry 67,5, JessicaChandra 77,5, Himawan rajadi 80, Lisawaty 82,5, Dennis 77,5, Michael samara 87,5, Victor Adytia 95, Mariana 85, Elizabeth Maria 55, Anthony 77,5, Caroline 75, Marco 82,5, Nicky Wijaya 80, Edwin 82,5, Singgih Suhendra 67,5, Fransisca 82,5, Hosni 85, Michael Chong 82,5, Arinato 80, Susanti 65, Jessica Sonjaya 57,5, Jessica 65,Danny 77,5, Stefani 87,5.
--------------- Salam hebat ----------------- Salam Kagum --------------

Minggu, 03 Mei 2009

Larutan Penyangga

Salam Nilai 1oo, Kimia kelas 11 IPA

Larutan penyangga terbentuk dari
* Asam lemah dengan basa konjugasinya (garamnya) contoh : HCN dengan ion CN- atau HCN dengan NaCN
*basa lemah dengan asam konjugasinya (garamnya) contoh NH3 dengan NH4+ atau NH3 dengan NH4Cl. Ph larutan penyangga dapat dipertahankan tetap pada saat ditambahkan sedikit asam, basa, dan air (pengenceran).

Ph larutan penyangga ditentukan oleh ;
* campuran asam lemah dengan basa konjugasinya (garamnya).
[H+] = ka . [asaM]: n.[garam]

*campuran basa lemah dengan asam konjugasinya (garamnya)
[OH-] = kb.[basa]: n. [garam]

Sabtu, 02 Mei 2009

GLBB Percepatan

Soal-soal ini memang asyik untuk latihan menjelang ulangan fisika. Pelajari deh... pasti nilai 100.
Salam Nilai 100,
1. Mobil-mobilan lab dari keadaan diam bergerak dengan percepatan tetap 4 m/s2, maka tentukanlah : a. kecepatan benda setelah bergerak 5 sekon, b. jarak yang ditempuh benda setelah bergerak 5 detik !!!
(ans : 20 m/s; 50 m)

2. Kecepatan kereta api sawunggalih berkurang secara beraturan dari 20 m/s menjadi 10 m/s sepanjang jarak 150 meter. a. Hitung perlambatan kereta api sawunggalih b. berapa jauh kereta api bergerak dari kecepatan 10 m/s sampai berhenti ? (ans : 1 m/s2, 50 meter)

3. Dua anak Puri Indah, yaitu Ricky dan Bella bergerak dari tempat yang sama dalam waktu yang sama mengendarai kendaraan yang berbeda. Ricky bergerak dengan GLB dengan kecepatan tetap 36 km/jam, sedangkan Bella bergerak dengan GLBB, dari mulai keadaan diam bergerak dengan percepatan tetap 2 m/s2. kapan dan dimana Bella bertemu Ricky ? ( ans : t = 10 detik, S = 100 meter)

4. kendaraan Enrico, mula-mula bergerak dengan kecepatan 3 m/s dan menempuh jarak 104 meter dan kecepatannya menjadi 23 m/s. Berapakah percepatan kendaraan Enrico ? (jawab sendiri)

5. Mobil Joses berjalan mula-mula dengan kecepatan 10 m/s, kemudian dipercepat dengan percepatan tetap 4 m/s2. tentukan berapa : a. kecepatan mobil Joses setelah bergerak 15 sekon b. jarak yang ditempuh mobil setelah 20 detik ?

6. Mister Wilson lagi kebingungan dengan definisi sebagai berikut : a. apakah yang dimaksud dengan Percepatan ? b. apakah yang dimaksud dengan perlambatan ? Tolong bantu mister wilson ya. Tq.

7. Kecepatan Motor CBR bang William berkurang dari 25 m/s menjadi 10 m/s sepanjang jarak 500 meter. Berapa jauh lagi motor CBR itu bergerak sampai berhenti sejak kecepatannya 10 m/s? dan berapa waktu tempuhnya ?

8. Mobil Jessica berjalan dengan percepatan tetap 2 m/s, setelah menempuh jarak 150 meter ternyata kecepatannya 25 m/s. Berapakah kecepatan awal jessica ?

9. Mas Dudung bingung, apakah yang dimaksud dengan Gerak Lurus Berubah beraturan ? dan juga minta contoh-contohnya.

10. Bung Adrian minta tolong, coba donk tuliskan semua rumus untuk GLBB dan GERAK VERTIKAL. Terimakasih ya...

Salam Nilai 100.
GTO Ferdy.

Coba ke facebook : email : rumahbelajarsps@gmail.com

Jumat, 01 Mei 2009

Lingkaran

Wahyu 3:10Oleh sebab kalian sudah menuruti perintah-Ku supaya bertekun, Aku pun akan melindungimu dari masa kesusahan yang akan menimpa seluruh dunia. Hal itu akan terjadi untuk mencobai semua orang di bumi.
3:11Aku segera datang! Jagalah baik-baik apa yang kalian miliki, supaya tidak seorang pun merenggut hadiah kemenanganmu.

1. Perbandingan panjang jari-jari 3 buah lingkaran adalah 1 : 2 : 3. Tentukan besar perbandingan a. kelilingnya b. luasnya !

2. Berapakah panjang tali yang diperlukan untuk melilitkan sebuah drum yang berjari-jari 3 cm sebanyak 4 putaran ?

3. Roda berputar sebanyak 900 kali untuk melintasi jalan sepanjang 847,8 m. Hitunglah : a. keliling roda, b. panjang jari-jari roda !

4. Tutup kaleng roti berbentuk lingkaran dengan diameter 14 cm, dibuat dari lembaran seng berbentuk persegi panjang berukuran 22 cm x 16 cm. Berapa persen seng yang terbuang ?